Tips menjalankan PC/Laptop tanpa Harddisk!

Diposting oleh RF X-OWNERS on Jumat, 22 April 2011

Bagi kita pengguna Windows, menjalankan komputer tanpa harddisk, kedengaran lucu atau bahkan sebagian orang menganggapnya mustahil. Padahal tidak demikian, kita menjalankan windows yang tersimpan dalam Harddisk dan Harddisk adalah penyimpan (storage) saja, logikanya seharusnya semua storage bisa menjalankan windows bukan? Misalnya CD/DVD, Flash Disk, Harddisk eksternal. Kali ini saya tidak membahas bagaimana menjalankan windows (yang sebagian besar kita menggunakannya termasuk saya), tanpa Harddisk, melainkan menjalankan komputer tanpa Harddisk atau lebih tepatnya menjalankan sistem operasi (OS) tanpa Harddisk.
Saya hanya mau berbagi cerita saja ketika awal-awal mulai belajar menggunakan linux (belajar dari majalah, belajar sama orang kadang sulit apalagi kalau ga dibayar). Kebetulan PC saya waktu itu sering “sakit” entah mengapa, Kadang berhasil masuk windows kadang tidak. jadi saya mulai mencoba berbagai kemungkinan, mulai dari cabut pasang RAM sampai mencoba OS lain selain Windows yaitu linux (linux SIDUX yang diklaim sebagai linux tercepat di dunia). Seperti biasa saya booting PC melalui DVD Sidux dan ternyatau normal-normal saja. Dari situlah saya mengambil kesimpulan (yang belum tentu benar sih) Harddisk saya tidak normal lagi alias rusak. saya coba cek Harddisk saya, ehh saya baru sadar ternyatau Harddisk saya tidak terpasang kabel2nya, saya kaget sekaligus senang. Kaget, lho kok tanpa Harddisk bisa jalan? Senang, karena dapat ilmu baru, berhasil..berhasil..berhasil.. Akhirnya saya install Sidux yang sedang ON tadi ke Flash Disk, setelah itu saya coba booting dari Flash Disk tadi dan ternyata sama saja, BISA!! saya bisa menjalankan komputer cuma pake Flash Disk.
Kesimpulan: jika Anda mau mencoba menjalankan komputer tanpa Harddisk cobalah cara berikut:
Jalankan melalui live CD/DVD Linux. Karena OS nya ada dalam CD/DVD berarti Anda bisa menjalankannya tanpa Harddisk bkan? Sebagian besar distro Linux gratis, Anda bisa mengunjungi komunitas linux di internet dan meminta dikirimkan live CD nya, gratis hanya mungkin mengganti ongkos kirim saja. Jika Anda punya koneksi kecepatan tinggi download saja ISO nya dari internet kemudian burn. Cari di
http://distrowatch.com/
Pilih saja sesuai selera

Jalankan melalui Flash Disk. Jika Anda telah memiliki distro Linux install saja ke Flash Disk. Untuk distro tertentu kita bisa menginstallnya langsung ke dalam Flash Disk. Sedangkan yang tidak bisa langsung, kita gunakan UNetbootin. Keuntungan menjalankan Linux dari Flash Disk yaitu lebih cepat dibanding CD/DVD.

{ 11 komentar... read them below or add one }

denis-iswan mengatakan...

Mgkn akan aneh lagi... Kl ngejalinin multiboot dlm 1 flashdisk... Dan itu q pelajari 90% dr internet.. Berhasil menjalankan Dos , Win95 , Windows XP , Puppy Linux , dan Gparted Linux melalui sebuah flashdisk..
Utk info selanjutnya silakan follow twitter q @denisiswan (no hoax)

Unknown mengatakan...

aku g muedeng

ArgaSty mengatakan...

Aku mudeng bingitttt

KANG REA mengatakan...

ada yang punya enggak os win 7 lebih kecil dari win 7 lite dan software untuk bootable win dari flasdish kemudian flashdisk di lepas masih bisa on

Unknown mengatakan...

kalo pke fd bro bisa gak?

chordnwar.com mengatakan...

Klo ga ada hardis ny bisakah nyetel kaset tanpa hardis

prediksi angka mengatakan...

gan saya baru saja ganti hardis nah waktu saya lepas hardisnya saya gak sengaja menekan tombol on. waktu saya matikan leptop saya dan saya pasang lagi hardisnya tiba tiba leptop saya gak bisa tampil lagi windosny nah tolong batu bagaimana caranya supaya leptop saya bisa tampil lagi windosny

Unknown mengatakan...

bakar saja

Unknown mengatakan...

Itu hardisk yang anda pasang yang baru apa yang lama?,jika yang baru anda harus menginsttal windows dulu ke dalam hdd tersebut.

Unknown mengatakan...

Itu hardisk yang anda pasang yang baru apa yang lama?,jika yang baru anda harus menginsttal windows dulu ke dalam hdd tersebut.

elex mengatakan...

sama dengan artikel di sini ya ... http://klopototolia.blogspot.com/2011/06/menjalankan-pclaptopnotebook-tanpa.html

Posting Komentar