10 Cara Mendapatkan Inspirasi untuk Menulis

Diposting oleh RF X-OWNERS on Kamis, 21 April 2011

blog dan blog terus yang terlintas di benak saya. blog telah merubah keseharian saya, tidak ada hari tanpa buka blog, setiap hari selalu saya sempatkan untuk membukanya walau hanya beberapa menit saja, (lebay).!! blog tidak akan berguna tanpa adanya tulisan, karena blog hanyalah wadah dari sebuah tulisan, banyak orang yang beranggapan bahwa menulis itu sangat susah, karena menulis tidak boleh sembarangan harus sesuai dengan kenyataan, tapi kalau buat karangan sih bloeh-boleh aja, namanya juga karangan ya nulisnya juga ngarang..
jika anda sedang mencari inspirasi dalam menulis maka anda berada di tempat yang tepat.
ada 10 cara dalam mencari inspirasi untuk menulis.

1. Blogwalking. dengan blogwalking otomatis anda akan membaca tulisan yang ada di blog yang anda kunjungi tesebut. carilah ide atau gagasan dari tulisan tersebut. hal ini berlaku pada diri saya sendiri. hal ini benar benar menginspirasi untuk menulis dengan gaya khas sendiri.

2. Majalah. jujur aja, banyak sekali tema dan ide sangat menarik didalam majalah. justru terkadang kita banyak mengambil pelajaran yang baik saat kita membaca majalah, dan terkadang saya sangat iri dengan tulisan yang dikemas dengan bahasa jurnalisme yang baik.

3. Film. cari inspirasi dengan cara asik, dari film kita akan mendapatkan banyak gagasan tentang apa yang akan kita tulis. misalnya mengomentari alur ceritanya, karakter tokohnya atau situasi dan kondisi yang kita olah kembali sedemikian rupa dengan sebuah tulisan.

4. Peristiwa. setiap hari kita tidak akan pernah lepas dari sebuah peristiwa yang terjadi pada diri kita atau sekeliling kita. yang mungkin bisa menarik jika kita tulis, meskipun peristiwa kita biasa saja, tetapi jika kita kemas dngan gaya tulisan yang asyik tentu akan tetap menarik untuk dibaca.

5. Teman. sebenarnya bisa menjadi sumber inspirasi kita. Perhatikan dari sekian banyak teman kita, pastinya ada beberapa orang yang memiliki sikap dan karakter yang unik. yang mungkin bisa kita jadikan sebagai bahan untuk menulis, misalnya, teman yang dengan karaktr pemarah, kita bisa menulis tentang pengendalian sifat marah tersebut.

6. Nongkrong. ngumpul bareng bisa memeberikan masukan masukan atau inspirasi yang baik, karena kita menulis untuk dibaca orang lain, maka kita dengarkan apa yang mungkin dibutuhkan oleh mereka maka kita kasih dengan bentuk tulisan, misalnya saran atau berita dan sebagainya. jadi mereka bisa menjadi wakil dari ribuan orang yang akan menyukai tulisan anda.

7. Jalan jalan. cobalah sejenak berjalan jalan jika perasaan kita sudah suntuk atau jenuh. melihat lihat sekeliling maksudnya. berhentilah sejenak dan perhatikan orang yang berlalu lalang. delman yang melintas, udara yang sejuk dan padi yang menjuntai mungkin disana kita bisa mendapatkan inspirasi yang unik yang banyak orang mengabaikanya.

8. Seni. ini adalah salah satu sumber inspirasi kayak makna. misalnya kalau kita lihat lukisan indah. menggambarkan apa lukisan itu apa maksud dari goresan lukisan itu, bisa kita jadikan ide untuk menulis.

9. Ibadah. sering kali kita lupa, bahwa ibadah pun bisa kita dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk menulis. kita mungkin bisa mnecritakan bagaimana perasaan, harapan dan syukur kita saat melakukan ibadah. saat ibadah biasanya kita mendapatkan inspirasi yang lebih tulus.

10. Tamasya. Lokasi tempat kita bertamasya adaah sumber inspirasi yang bagus. misalnya apa, dimana dan bagaimana tempat tamasya itu, mengapa tempat itu layak dikunjungi, mungkin bisa juga sejarah tempat tersebut, setidaknya itu bisa dijadikan sebuah informasi untuk pembaca. dan semua itu merupakan bahan yang baik untuk ditulis.

sebenarnya inspirasi itu bisa datang dimana saja, asalkan kita mau mencarinya
,, salam dunia blog,,

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar